+62 21 520 1602 pappiptek@mail.lipi.go.id

Struktur Organisasi

 

Struktur Organisasi

Uraian tugas pokok dan fungsi pada masing-masing Bidang/Bagian adalah sebagai berikut:

A. Bagian Tata Usaha

Bagian Tata Usaha mempunyai tugas melaksanakan urusan tata usaha. Dalam melaksanakan tugas sebagaimana dimaksud Bagian Tata Usaha menyelenggarakan fungsi pelaksanaan urusan keuangan dan pelaksanaan urusan kepegawaian dan umum. Guna melaksanakan fungsi tersebut Bagian Tata Usaha didukung oleh Sub Bagian Keuangan dan Sub Bagian Kepegawaian dan Umum.

A1. Sub Bagian Keuangan Sub Bagian Keuangan mempunyai tugas melakukan urusan keuangan. Kegiatan rutin yang dilakukan adalah menyelesaikan administrasi keuangan pegawai dan administrasi keuangan seluruh kegiatan penelitian dan penunjang yang bersumber dari anggaran DIPA.

A2. Sub Bagian Kepegawaian dan Umum

Sub Bagian Kepegawaian dan Umum mempunyai tugas melakukan urusan kepegawaian, pemeliharaan sarana penelitian, persuratan, kearsipan, pengelolaan perlengkapan, inventarisasi barang milik negara, dan rumah tangga. Terkait dengan urusan kepegawaian, kegiatan administrasi yang rutin dilakukan adalah perencanaan kebutuhan pegawai, pengembangan pegawai melalui perencanaan diklat baik diklat penjenjangan struktural maupun diklat teknis fungsional, perencanaan kenaikan pangkat pegawai baik reguler maupun pilihan, kenaikan gaji berkala,  urusan kesejahteraan pegawai, serta urusan pensiun.

B. Bidang Pengelolaan dan Diseminasi Hasil Penelitian

Bidang Pengelolaan dan Diseminasi Hasil Penelitian mempunyai tugas melaksanakan pengelolaan dokumentasi, data dan hasil-hasil penelitian, hak kekayaan intelektual, dan sistem informasi serta penyiapan penyusunan rencana strategis diseminasi, pelayanan jasa, implementasi, komersialisasi, dan promosi hasil penelitian di bidang perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. Dalam melaksanakan tugas sebagaimana dimaksud, Bidang Pengelolaan dan Diseminasi Hasil Penelitian menyelenggarakan fungsi: - pengelolaan dokumentasi, data dan hasil-hasil penelitian, hak kekayaan  intelektual, dan sistem informasi; dan - penyiapan penyusunan bahan rencana strategis diseminasi, pelayanan jasa, implementasi, komersialisasi, dan promosi hasil penelitian. Guna menjalankan fungsi tersebut, bidang ini didukung oleh dua sub bidang yakni Subbidang Pengelolaan Hasil Penelitian dan Subbidang Diseminasi dan Kerja Sama.

B1. Sub Bidang Pengelolaan Hasil Penelitian Sub Bidang Pengelolaan Hasil Penelitian mempunyai tugas melakukan pengelolaan dokumentasi, data dan hasil-hasil penelitian, hak kekayaan intelektual, dan sistem informasi penelitian di bidang perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi.

B2. Sub Bidang Diseminasi dan Kerja Sama Sub Bidang Diseminasi dan Kerja Sama mempunyai tugas melakukan penyiapan bahan penyusunan rencana strategis diseminasi, pelayanan jasa, implementasi, komersialisasi, dan promosi hasil penelitian di bidang perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. C. Kelompok Jabatan Fungsional Kelompok Jabatan Fungsional mempunyai tugas melakukan kegiatan sesuai dengan jabatan fungsional masing-masing berdasarkan peraturan perundang-undangan yang berlaku. Kelompok Jabatan Fungsional yang dimaksud terdiri dari beberapa jabatan fungsional yang terbagi dalam berbagai Kelompok Jabatan Fungsional sesuai dengan bidang keahliannya.