+62 21 520 1602 pappiptek@mail.lipi.go.id

Standar Pelayanan Kerjasama

 

Standar Pelayanan Kerjasama

STANDAR PELAYANAN KERJASAMA PENELITIAN

PUSAT PENELITIAN PERKEMBANGAN IPTEK-LIPI

A.      DASAR HUKUM

  1. Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik.
  2. Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2009 tentang Pelayanan Publik.
  3. Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negera dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia Nomor 15 Tahun 2014 tentang Pedoman Standar Pelayanan.
  4. Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negera dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia Nomor 16 Tahun 2014 tentang Pedoman Survei Kepuasan Masyarakat Terhadap Penyenggaraan Pelayanan Publik.
  5. Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia Nomor 24 Tahun 2014 tentang Pedoman Penyelenggaraan Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik Secara Nasional.
  6. Peraturan Kepala Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia Nomor 8 Tahun 2015 tentang Standar Pelayanan di Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia.
  7. Peraturan Kepala Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia Nomor 1 Tahun 2014 tentang Organisasi dan Tata Laksana Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia.

B.      PERSYARATAN

  1. Formulir pengajuan kerja sama penelitian yang diisi.
  2. Surat pengantar pengajuan kerja sama penelitian dari instansi/perguruan tinggi.

C.      PROSEDUR

  • Datang langsung
    1. Pemohon mengisi formulir pengajuan kerja sama penelitian pada staf Diseminasi dan Kerja Sama di Pusat Penelitian Perkembangan IPTEK - LIPI.
    2. Menyerahkan formulir yang sudah diisi bersama surat pengantar pengajuan kerja sama penelitian dari instansi/perguruan tinggi.
    3. Waktu pemrosesan pengajuan kerja sama penelitian selama 4 hari kerja, atau tergantung dari usulan yang diajukan.
    4. Mengambil surat jawaban usulan kerja sama penelitian pada staf Diseminasi dan Kerja Sama di Pusat Penelitian Perkembangan IPTEK - LIPI.
  • Melalui Pos/Kurir
    Formulir pengajuan kerja sama penelitian dikirim ke alamat:

Pusat Penelitian Perkembangan IPTEK – LIPI, Gedung A PDII LIPI Lantai 3, Jl. Gatot Subroto no. 10, Jakarta – 12710

  1. Formulir pengajuan kerja sama penelitian yang dikirim disertai dengan surat pengantar dari instansi/perguruan tinggi.
  2. Waktu pemrosesan pengajuan kerja sama penelitian selama 4 hari kerja, atau tergantung dari usulan yang diajukan.
  3. Mengambil pada Staf Diseminasi dan Kerja Sama di Pusat Penelitian Perkembangan IPTEK – LIPI akan mengirimkan surat jawaban usulan kerja sama penelitian ke pengusul.
  • Melalui E-mail
    1. Pemohon mengisi formulir pengajuan kerja sama penelitian pada staf Diseminasi dan Kerja Sama di Pusat Penelitian Perkembangan IPTEK - LIPI.
    2. Menyerahkan formulir yang sudah diisi bersama surat pengantar pengajuan kerja sama penelitian dari instansi/perguruan tinggi.
    3. Waktu pemrosesan pengajuan kerja sama penelitian selama 4 hari kerja, atau tergantung dari usulan yang diajukan.
    4. Mengambil surat jawaban usulan kerja sama penelitian pada staf Diseminasi dan Kerja Sama di Pusat Penelitian Perkembangan IPTEK - LIPI.

D.      WAKTU PELAYANAN

Waktu pelayanan adalah setiap hari kerja:

  1. Senin – Kamis    : 09.00-12.00 dan 13.00-15.00 WIB.
  2. Jum’at                  : 09.00-11.30 dan 13.30-15.30 WIB.

E.       BIAYA/TARIF

Tidak ada 

F.         PRODUK

Surat jawaban usulan kerja sama penelitian ditandatangani oleh Kepala Pusat Penelitian Perkembangan IPTEK – LIPI.

G.       PENGELOLAAN PENGADUAN

Pengaduan, saran dan masukan terkait pelayanan dapat disampaikan melalui:

  1. Media tatap muka/langsung.
  2. Media internet, dengan alamat email: pappiptek@mail.lipi.go.id atau website pappiptek.lipi.go.id
  3. Media telepon dan fax, dengan nomor +62 21 - 5201602

H.       SARANA DAN PRASARANA

  1. Peralatan perkantoran.
  2. Buku referensi, jurnal, dan publikasi ilmiah.
  3. Bagi pelanggan disediakan ruang tunggu sewaktu melakukan pendaftaran atau pengisian formulir.

I.          KOMPETENSI PELAKSANA

Pelaksana identifikasi yang terlibat adalah:

Pegawai di Bidang Pengelolaan dan Diseminasi Hasil Penelitian Pusat Penelitian Perkembangan IPTEK - LIPI:

No.

Nama

Gelar

1.

M. Zulhamdani

S2

2.

Nur Laili

S2

3.

Kusbiantono

S2

4.

Vetti Rina Prasetyas

S1

5.

Ontin Fatmakartika

S1

6.

Syifa Naufal Qisty

S1

7.

Endang Mardiningsih

S1

J.        PENGAWASAN INTERNAL

Manajemen Pusat Penelitian Perkembangan IPTEK - LIPI sudah menetapkan standar pengawasan internal secara berkala melalui audit internal dan kaji ulang manajemen.

K.      JUMLAH PELAKSANA

  1. Peneliti        : 2 orang
  2. Teknisi        : 5 orang

L.       JAMINAN PELAYANAN

Pusat Penelitian Perkembangan IPTEK - LIPI memberikan jaminan kepastian layanan yang diberikan sesuai dengan waktu dan kualitas yang sudah dijanjikan. Apabila layanan tidak sesuai dengan  waktu dan kualitas yang telah dijanjikan, maka diberikan kompensasi berupa souvenir kepada pelanggan. Selain itu, hukuman kepada petugas pelayanan yang tidak melaksanakan pelayanan sesuai SOP juga diberlakukan sesuai Peraturan Pemerintah nomor 53 tahun 2010 mengenai Peraturan Disiplin Pegawai Negeri Sipil.

M.    JAMINAN KEAMANAN DAN KESELAMATAN PELAYANAN

  1. Produk berupa data penelitian adalah hasil olahan para ahli di bidangnya dan sudah divalidasi oleh manajemen yang berwenang.
  2. Hasil produk yang dikirimkan ke pelanggan melaui pos atau kurir akan diganti bila mengalami kerusakan.

N.     EVALUASI KINERJA PELAKSANA

  1. Pusat Penelitian Perkembangan IPTEK - LIPI menetapkan standar evaluasi secara berkala melalui audit internal dan kaji ulang manjemen.
  2. Menyebarkan kuesioner kepada pelanggan untuk mengetahui kepuasan pelanggan dan perbaikan pelayanan yang harus dilakukan.

 

KEPALA PUSAT PENELITIAN PERKEMBANGAN IPTEK - LIPI

 

DR. TRINA FIZZANTY