+62 21 520 1602 pappiptek@mail.lipi.go.id

LIPI SBII Award

 

Detail LIPI SBII Award

: Penilaian finalis perusahaan LIPI SBIIA

: 2017-09-27

: Ruang Rapat Joko Pitono Lt. 4 Gedung A PDII LIPI

Dalam rangka mendorong inovasi berbasis penelitian ilmiah, yang dapat meningkatkan daya saing industri ke tingkat yang lebih tinggi, Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) akan menganugerahkan LIPI Science-Based Industrial Innovation Award (LIPI SBII Award). Award ini akan diberikan pada perusahaan-perusahaan yang telah menjadikan inovasi berbasis ilmu pengetahuan sebagai bagian utama dari strategi bisnisnya. Industri adalah garda depan dari sistem inovasi nasional.

Pemberian LIPI SBII Award merupakan upaya untuk mendorong, mempromosikan, sekaligus mengapresiasi pihak-pihak industri yang meningkatkan daya saing industri dengan memanfaatkan ilmu pengetahuan. Anugerah ini juga untuk menunjukkan ke masyarakat maupun industri secara luas tentang pentingnya inovasi berbasis pengetahuan sebagai dasar utama dari peningkatan daya saing nasional. Perusahaan yang bisa dinominasikan untuk mendapatkan LIPI SBII Award adalah perusahaan lokal maupun multinasional yang melakukan kegiatan penelitian ilmiah untuk pengembangan inovasinya di Indonesia, baik dilakukan sendiri maupun bersama dengan pihak lain. Anugerah ini akan diberikan dalam dua kategori, yaitu:

1. Kategori Life Science, yang meliputi perusahaan-perusahaan yang berasal dari sektor farmasi, bioteknologi, biologi, kosmetika, agro-industri dan lain-lain.

2. Kategori Physical Science, yang meliputi perusahaan-perusahaan yang berasal dari sektor kimia, mikroelektronika, elektronika, energi, telekomunikasi, transportasi, mesin dan peralatan, besi dan baja, dan lain-lain.

Penyelenggaraan LIPI SBII Award 2017 tetap mempertahankan format sebelumnya dengan penyempurnaan dalam sistem penjurian. Penganugerahan Award akan dilaksanakan sebagai rangkaian acara HUT LIPI bulan Oktober 2017. Satuan kerja yang bertindak sebagai organisator penganugerahan Award ini adalah Pusat Penelitian Perkembangan Iptek (PAPPIPTEK). Sedangkan anggota Dewan Juri berasal dari dalam dan luar LIPI. Setelah dilakukan penjurian tahap awal terpilih 3 (tiga) finalis perusahaan kategori Life Science dan 3 (tiga) finalis perusahaan kategori Physical Science. Dewan juri dan tim melakukan kunjungan ke perusahaan-perusahaan finalis tersebut. Penjurian akhir dilakukan pada tanggal 27 September 2017 bertempat di ruang rapat Pappiptek-LIPI yang diisi dengan presentasi oleh pimpinan perusahaan divisi litbang/yang mewakili dan tanya jawab oleh dewan juri. Pemenang akan diumumkan tanggal 25 Oktober 2017 bersamaan dengan agenda Indonesia Science Expo (ISE).