+62 21 520 1602 pappiptek@mail.lipi.go.id

Kegiatan Pappiptek

 

Detail Kegiatan Pappiptek

: Kunjungan Science Technology and Innovation Policy Institute, King Mongkut’s University of Technolog

: 2018-08-09

: Ruang Rapat Djoko Pitono, PAPPIPTEK-LIPI, Jakarta

Pada Rabu, 8 Agustus 2018, PAPPIPTEK - LIPI menerima kunjungan dari Science Technology and Innovation Policy Institute, King Mongkut’s University of Technology Thonburi (STIPI - KMUTT), Thailand. Delegasi STIPI - KMUTT terdiri dari Santi Charoenpornpattana, Ph.D selaku Direktur STIPI dan Krissanapong Kirtikara, Ph.D selaku Penasihat Universitas KMUTT. Kunjungan ini bertujuan untuk menjajaki peluang kerjasama dengan PAPPIPTEK LIPI di bidang penelitian kebijakan.

Sebagai lembaga riset kebijakan iptek dan inovasi, STIPI bertujuan menjadi think tank terdepan dalam riset kebijakan iptek dan inovasi di tingkat nasional dan regional. STIPI menekankan pentingnya membangun infrastruktur pendukung riset, perencanaan dan implementasi kebijakan iptekin, salah satunya melalui kerja sama internasional.

“Tren dalam dua dekade terakhir ini adalah otonomi universitas dan lembaga riset. Dari pengalaman KMUTT, otonomi sangat berpengaruh karena dengan otonomi akan mendorong kita untuk berpikir lebih banyak, dan berbuat lebih banyak untuk mencapai banyak hal,” terang Dr. Krissanapong Kirtikara.

Peluang ini disambut baik oleh ketua dan anggota kelompok peneliti PAPPIPTEK - LIPI yang menerima kunjungan tersebut, di antaranya Dr. Trina Fizzanty, Prof. Erman Aminullah, Wati Hermawati, MBA, Dr. Ikbal Maulana, Dudi Hidayat M.Sc, dan Sigit Setiawan M.Si. Menurut Dudi Hidayat, “Tantangan bagi kita adalah bagaimana cara membangun organisasi otonom, kita harus belajar dari pemerintah Thailand. Kita dapat mendiskusikan benchmarking implementasi prinsip-prinsip triple helix dan aplikasinya ke dalam konteks Indonesia.”