+62 21 520 1602 pappiptek@mail.lipi.go.id

Agenda Pertemuan Ilmiah

 

Detail Agenda Pertemuan Ilmiah

: LIPI-STEPI Joint Workshop on Strategic Planning Foresight and Science and Technology Park Management

: 04 May 2018

Menindaklanjuti kerja sama yang telah terjalin antara Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) dengan Science and Technology Policy Institute (STEPI) Korea Selatan, pada 2-4 Mei 2018 LIPI dan STEPI mengadakan “LIPI-STEPI Joint Workshop on Strategic Planning Foresight and Science and Technology Park Management”. Lokakarya LIPI-STEPI ini membahas tiga fokus utama yakni Pembahasan Rencana Strategis LIPI, Manajemen Science Technopark LIPI, dan Pengembangan SDM Iptek LIPI dan Nasional.

Para pakar dari STEPI Korea Selatan yang memberikan pengetahuan dan keahliannya pada lokakarya ini di antaranya: Dr. Jaehoon Rhee (CEO Gyeongbuk Technopark, Chairman Korean Technopark Association, and Professor School of Business Yeongnam University), Dr. Seongwon Park (Research Fellow STEPI Korea, Adjunct Professor at Graduate School of Future Strategy, KAIST Korea), Dr. Youngsub Kwon, Senior Research Fellow, Korean Research Institute of Human Resource (KRIHS), Dr. Ki Beom Park (Research Fellow STEPI Korea), dan Ms. Seona Lee (IICC-STEPI).

 Pada hari pertama, Rabu 2 Mei 2018, acara diselenggarakan di Ruang Rapat Pusat Perkembangan IPTEK (PAPPIPTEK) LIPI, Gedung A PDII LIPI lantai 3. Dalam pertemuan ini, masing-masing perwakilan dari STEPI dan LIPI menyampaikan presentasinya mengenai tujuan yang ingin dicapai dalam lokakarya ini. Pada hari kedua, Kamis 3 Mei 2018, lokakarya diadakan di dua tempat secara paralel yakni Gedung Widya Graha LIPI Jakarta untuk tema Rencana Strategis LIPI dan Pengembangan SDM Iptek, dan Auditorium Utama Pusat Inovasi LIPI Cibinong untuk tema Pengembangan dan Manajemen Science Technopark LIPI. Selanjutnya pada hari ketiga, Jumat 4 Mei 2018, lokakarya diakhiri dengan diskusi STEPI bersama jajaran pimpinan LIPI di Gedung Sasana Widya Sarwono LIPI, Jakarta.

STEPI menyarankan LIPI berfokus pada kekuatan utama LIPI dan menyesuaikan dengan agenda nasional pemerintah Indonesia dalam menyusun rencana strategis. Sementara untuk sumber daya manusia di bidang iptek, LIPI perlu menyediakan insentif dan motivasi yang kuat untuk high-skilled resources, membangun kapasitas dan brain circulation. Selain itu juga menyiapkan database sumber daya manusia yang terintegrasi hingga ke level output dan pengeluaran anggaran risetnya.

STEPI menaruh harapan besar bagi Indonesia khususnya LIPI untuk membangun science technopark (STP) yang dapat meningkatkan dampak perekonomian bagi industri dan masyarakat. Selama ada visi yang jelas dan upaya kuat untuk meraihnya, Indonesia dapat mewujudkan STP. Tiga faktor terpenting dalam mewujudkan kesuksesan STP adalah: kepemimpinan berdedikasi, lokasi strategis, dan manajemen yang efisien.